Posted by : Unknown April 10, 2014




Hutan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan tumbuhan, beberapa manfaat hutan antara lain sebagai berikut :



  • Untuk Mencegah Erosi dan Banjir 
          Hutan banyak sekali memiliki fungsi, salah satu fungsi hutan heterogen adalah sebagai pencegah erosi dan banjir. Hutan heterogen jenis ini umumnya terdapat pada daerah hilir serta daerah yang memiliki tanah miring. kadang jika tidak ada kayu maka untuk mencegah umumnya digunakan sistem sengkedan.



  • Sebaga Pengatur Tata Air
         Hutan jenis ini umumnya adalah tanaman yanng memiliki daya serap air yang tinggi. jadi hutan ini memiliki fungsi sebagai pengatur air ketika sedang kemarau. umumnya hutan jenis ini terdapat pada daerah hilir. dimana di daerah ini terdapat sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk pemukiman di daerah hulu.



  • Untuk Menyuburkan Tanah
         Hutan juga berfungsi untuk menyuburkan tanah karena pupuk kompos daun yang kering terdapat beberapa mineral yang bermanfaat untuk tumbuhan lain maupun untuk dirinya sendiri.



  • Sebaga Penghasil Oksigen
          Satu pohon untuk dua mahluk hidup itu merupakan selogan yang sering didengar. hutan memiliki fungsi yang vital sebagai tempat penyedia oksigen untuk manusia.



  • Untuk Mencegah Tanah Longsor
          Kekuatan akar dari pohon akan mencegah terjadinya longsor dari tanah yang miring. pada umumnya hutan jenis ini terdapat pada lereng gunung atau lereng bukit yang memiliki kemiringan yang cukup curam.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Hutan Heterogen - Forest Template - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -